hubungan softskill dengan korupsi

Wikipedia memaparkan bahwa soft skills merupakan istilah sosiologis yang merujuk pada sekumpulan karakteristik kepribadian, daya tarik sosial, kemampuan berbahasa, kebiasaan pribadi, kepekaan/kepedulian, serta optimisme. Soft skills ini melengkapi hard skills– yang bisa dikatakan juga sebagai persyaratan teknis dari suatu pekerjaan. Soft skills tersebut mencakup (a) kualitas pribadi – misalnya tanggung jawab, kepercayaan diri, kemampuan bersosialisasi, manajemen (pengendalian) diri, dan integritas atau kejujuran; dan (b) ketrampilan interpersonal, misalnya berpartisipasi sebagai anggota kelompok, mengajar (berbagi pengetahuan) ke orang lain, melayani pelanggan, kepemimpinan, kemampuan negosiasi, dan bisa bekerja dalam keragaman.

Pada hakekatnya softskill digunakan untuk hal-hal yang baik namun pada kenyataannya jika softskill tidak dibarengi dengan bekal agama maka pengimplementasian nya akan berbeda. Contohnya pada kasus korupsi, sebagian besar pelaku-pelaku korupsi adalah orang pandai dan memiliki gelar, dalam melakukan korupsi mereka pun menggunakan beberapa softskill untuk bernegosiasi, memanipulasi dan berkomunikasi. Sangat disayangkan bagian softskill yang berhubungan dengan kejujuran, tanggung jawab dan pengendalian diri tidak mereka gunakan. Padahal bangsa ini butuh sosok yang jujur dan kuat dalam memimpin dan menjalankan amanat rakyat.

Published in: on April 28, 2010 at 3:51 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://ririndisini.wordpress.com/2010/04/28/hubungan-softskill-dengan-korupsi/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: