mengenal huruf hijaiyah



Islam merupakan agama samawi, yaitu agama yang bersumber dari Allah bertujuan untuk menerangi kehidupan manusia agar tidak tersesat. Islam juga merupakan petunjuk jalan yang benar dan lurus bagi manusia, untuk mencapai ridha Allah dan bukan jalan yang dimurkaiNya. Dengan demikian Islam memberikan pelajaran kepada manusia mengenai cara menjalani dan menjalankan hidup dan kehidupan yang baik dan benar untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Pendidikan Islam merupakan kebutuhan manusia, karena sebagai makhluk pedagosis manusia dilahirkan dengan membawa potensi dapat dididik dan menddidik sehingga mampu menjadi khalifah di bumi, pendidikan usia dini merupakan pijakan pertama bagi manusia untuk dapat menentukan langkah awal hidupnya. Anak yang lahir ke dunia akan tebentuk dari pendidikan pertama yang didapatkan.

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar),kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Rentangan anak usia dini menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara, PAUD dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun.

Pendidikan individu, keluarga masyarakat dan pendidikan umat merupakan aspek-aspek pada pendirian masyarakat utama dan upaya menciptakan umat teladan. Pendidikan anak merupakan cabang dari pendidikan individu, yang dalam hal ini Islam berusaha mempersiapkan dan membinanya agar menjadi anggota masayarakat yang berguna dan insan yang sholih di dalam hidup. Pendidikan  pada usia dini adalah pendidikan terpenting karena usia dini merupakan masa unik dalam kehidupan anak-anak. Karena usia ini merupakan masa pertumbuhan yang paling peka dan sekaligus paling sibuk. Pentingnya pendidikan pada anak usia dini menuntut pendekatan yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang memusatkan perhatian pada anak. Karena anak merupakan dambaaan bagi setiap orang tua dan generasi penerus bangsa, namun salah satu permasalahan yang muncul adalah tidak setiap orang tua atau pendidik memahami cara yang tepat dalam mendidik anak usia dini.

Salah satu cara untuk memperkenalkan pendidikan agama kepada anak-anak adalah dengan cara memasukan mereka ke sekolah-sekolah agama atau pada kegiatan-kegiatan pengajian rutin yang sesuai dengan usianya.  Biasanya hal  pertama yang diajarkan adalah dengan memperkenalkan huruf hijaiyah agar kelak mereka dapat membaca Al Qur’an. Namun dalam prakteknya anak usia dini seringkali tidak memperhatikan gurunya terkadang mereka malah asyik sendiri dan para orang tua biasanya kesulitan jika mengajarkan anaknya belajar dirumah.

Oleh sebab itu diperlukan suatu sistem pembelajaran yang dapat mempengaruhi pola berfikir dan tingkah laku anak. Menyadari pentingnya suatu sistem pengajaran untuk pendidikan agama islam sejak dini. Sebagai bahan penelitian ilmiah penulis mencoba untuk menyajikan suatu aplikasi yang bisa menambah daya tarik anak terhadap pelajaran mengaji sejak dini.  Salah satu caranya adalah dengan memperkenalkan huruf-huruf  hijaiyah menjadi lebih interaktif, agar anak-anak pada usia dini lebih tertarik dengan pelajaran mengaji dan kelak dapat membaca Al Qur’an.

Published in: on March 31, 2010 at 4:48 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://ririndisini.wordpress.com/2010/03/31/mengenal-huruf-hijaiyah/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: