Menghadapi PI

Saat ini kelas tiga disibukkan dengan penulisan ilmiah. Banyak yang dari mereka pusing bahkan ingin menangis ketika memikirkan PI. Bagi kami mahasiswa kelas tiga  PI adalah awal dalam meraih gelar sarjana. Ketika kami disidang kemudian lulus dalam Penulisan Ilmiah maka gelar setara D3 kami raih. Kenyataannya tidak semudah itu mendapat gelar setara D3. Walaupun sks Penulisan ilmiah hanya 2 saja kami sebagai mahasiswa harus menulis sebuah tulisan ilmiah dan itu harus ide asli dari setiap mahasiswa. Setiap kelas di hadirkan dosen pembimbing, biasanya dihadirkan 3 dosen pembimbing dan setiap dosen membimbing 15 orang mahasiswa.

Pertemuan dibagi menjadi 8 sesi. Minggu pertama kami bertemu dengan dosen pembimbing. Disini baru tahap perkenalan mengenai PI(penulisan ilmiah), di minggu ke-2 kami di tugaskan untuk membuat bab 1 tentang penulisan ilmiah yang akan kami buat. Bab 1 meliputi latar belakang , perumusan masalah, manfaat, tujuan, metodologi, dan sistematika. Mahasiswa pun mulai sibuk mencari judul dan ide PI yang akan dibuat. Walaupun kami berkelompok, ide kami berbeda-beda, kami semuaberharap semua mahasiswa dapat lulus dengan nilai A.

Tidak hanya tugas PI saja yang menjadi tugas kami namun tugas dari dosen lain pun ikut memburu dan menuntut kewajiban kami. Tak ada waktu untuk bersantai-santai banyak dari kami para mahasiswa yang begadang demi menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. Setiap hari harus berurusan dengan computer dan internet untuk mendapatkan bahan tugas.

Mungkin saat ini bagi kami kuliah terasa berat namun pasti ada hikmah dan hasil di balik kerja keras kami semua. Seperti minum jamu memang pahit awalnya namun terasa segar dan sehat di badan sesudahnya. Kami berharap suatu saat penulisan ini berguna untuk memajukan pendidikan  di Indonesia. Jika Penulisan Ilmiah kita anggap sebagai  sebuah tantangan  dalam  hidup yang harus di lalui, maka kita harus lalui karena masih banyak kenyataan yang lebih keras untuk menuntut kita lebih cepat dan cermat mengambil keputusan.

Published in: on March 8, 2010 at 11:55 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://ririndisini.wordpress.com/2010/03/08/menghadapi-pi/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: