PENULISAN ILMIAH KU

Setiap mahasiswa di universitas tempat saya menuntut ilmu diadakan penulisan ilmiah. Penulisan ilmiah ini dilakukan untuk mendapatkan gelar setara D3 khususnya yang mengambil jenjang S1. Penulisan ini dilakukan agar mahasiswa dapat menemukan ide-ide baru untuk mengembangkan ilmu yang di pelajarinya.

Dalam penulisan ilmiah ini saya ingin membuat analisis dari suatu alplikasi, saya ingin menganalisis system absensi di sebuah perusahaan berbasis IT. System absensi ini dilakukan dengan pendeteksian kartu elektrik yang dimiliki masing-masing karyawan. Saya masih belum paham aplikasi apa yang digunakan dalam system tersebut. Menurut saya dalam system ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dalam system ini adalah keakuratan data kehadiran karyawan sehingga tidak ada lagi karyawan yang berbuat curang dengan menitipkan absen pada orang lain(teman kerjanya). Kekurangannya adalah jika salah satu karyawan lupa membawa kartu tersebut maka dia tidak bisa masuk kerja dan dia pun dianggap tidak hadir.

Bukan hanya kartu elektrik saja yang menjadi persyaratan karyawan untuk masuk kedalam gedung itu. Di pintu pertama mereka harus meletakkan jarinya kealat pendeteksi, dengan begitu pintu baru bisa terbuka. Tentang alat pendeteksi tersebut saya sedikit paham bagaimana system aplikasi tersebut karena ada salah satu matakuliah yang mempelajari hal tersebut.

Ini semua hanya ide saya semata, semua tergantung pada Dosen Pembimbing apakah setuju atau tidak. Jika ide pertama saya ditolak saya memillki ide lain untuk membuat sebuah tutorial, sasarannya adalah  untuk anak TK dan SD. Tujuan saya membuat aplikasi ini adalah untuk melatih syaraf motorik dan ketepatan mereka dalam menggunakan kursor, selain itu didalam tutorial ada beberapa aplikasi perhitungan sederhana untuk melatih mereka berfikir secara cepat dan tepat.

Published in: on February 27, 2010 at 8:21 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://ririndisini.wordpress.com/2010/02/27/penulisan-ilmiah-ku/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

